Cara Menghitung Balok Ring atau Ring Balk

autodeskcad-eworkshop.com
Ring balok atau ring balk adalah struktur yang diletakkan di atas pasangan batu dan bata. Fungsi ring balok adalah sebagai tumpuan konstruksi atap dan sebagai pengikat pasangan dinding batu bata bagian atas agar tidak runtuh. Ring balok yang umumnya digunakan untuk bangunan rumah tinggal sederhana adalah ring balok dengan lebar 15 cm dan panjang 20 cm.

Balok Ring atau Ring Balk


A.Komponen-komponen Penyusun Balok Ring:
  1. Beton (dengan campuran 1pc:2ps:3pk atau yang lebih baik)
  2. Besi baja tulangan (syarat penulangan telah kita uraikan kan……akan lebih baik jika dilihat pada posting Klik disini
  3. Begisting balok ring atau cetakan beton
  4. Masing masing komponen tersebut diatas terbagi menjadi biaya bahan dan biaya tenaga atau biaya tukang.
B. Dasar-dasar Perhitungan Balok Ring

1.Pembaca sekalian, sesuai dengan aturan yang telah diperlakukan bahwa ukuran minimal balok ring adalah 20cmx15cm, tapi ternyata ada juga aturan yang menetapkan 12x20cm. Lha dianalisa harga satuan beton SNI menyebutkan dimensi 10x12 cm. Nah jika bingung pilih saja ukuran yang paling besar.
Catatan rumahdangriya:
Jika balok anda berukuran 15x20cm maka tiap meter kubik beton dapat dibuat balok ring dengan panjang ±33.33 meter. Hal ini didapat dari hitungan 1/(0.15x0.2) (1meter kubik beton dibagi dengan luas penampang beton balok ring).
Nah itu tadi jika balok kita ukurannya 15x20cm, jika ukuran balok kita adalah 20x30cm tiap 1 meter kubik beton dapat dibuat berapa meter balok ya………….?jawabanya adalah 1/(0.2x0.3)=16.667 meter
Perlu diperhatikan bahwa praktek dilapagan ketika pengerjaan balok biasanya diperlukan lebih banyak beton dibandingkan dengan volume hitungan, karena konsistensi ukuran cetakan balok tidak dapat tercapai artinya bahwa ukuran cetakan beton dilapangan lebih besar disebabkan banyak faktor, selain itu faktor efisiensi ketika poses pembuatan pengangkutan dan pengecoran tidak bisa 100%.

2.Balk ring disyaratkan mengunakan tulangan utama dengan Ø 10mm dan begel Ø 8mm.
Catatan rumahdangriya:
Berarti jika ingin membuat balok dengan panjang 1 meter maka diperlukan besi Ø 10mm dengan panjang total (1meter x 4 buah) 4 meter. Dan besi tulangan Ø 8mm untuk begel sebanyak (0.1*2+0.15*2+0.05*2)=0.6 meter, jika asumsi balok anda ukuran 15x20cm dan tebal selimut beton 2.5cm.
Yang perlu menjadi perhatian tambahan adalah bahwa yang namanya penulangan besi pasti membutuhkan sambungan, karena sambungan tulangan beton ini dengan cara sambungan lewatan maka otomatis jika di dalam perhitungan mesti kita tambahkan volume sambungan. Selain volume sambungan dalam penulangan juga diperlukan bengkokan terutama pada bagian pertemuan dengan komponen beton yang lainya.
Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat pada detail sambungan tahan gempa.

3.Begisting Beton atau Cetakan Beton
Umumnya cetakan atau begisting yang dibutuhkan beton hanya bagian samping kiri dan kanan saja. Bentuk begisting tulangan beton bermacam-macan sesuai dengan betntuk balok ring yang kita inginkan.
Jika kita asumsikan bahwa balok ring kita hanya membutuhkan cetakan disamping kiri dan kanan saja berarti tiap 1 meter panjang balok membutuhkan cetakan (0.2*1*2)=0.4 meter persegi cetakan beton (0.2 meter merupakan tinggi balok sedangkan untuk membutnya diperlukan2 buah). Berarti tiap 1 meter kubik beton membutuhkan cetakan bekisting sebesar (33.333*0.4)=13.333meter persegi cetakan beton. Dan berarti juga tiap 1meter persegi cetakan beton dapat digunakan untuk membuat (1/0.4)=2.5meter panjang cetakan balok ring.
Perlu diperhakan juga bahwa yang namanya begisting atau cetakan beton selama tidak rusak masih bisa digunakan artinya jika anda ingin membuat 25 meter panjang balok tidak mesti diperlukan cetakan begisting seluas 10 meter persegi. Disesuaikan dengan keadaan pengecoran dan pembagian waktu pekerjaan.

C. Analisa Harga Satuan Pekerjaan Balok Ring
Pada paragraph kali ini akan kita sajikan analisa perhitungan balok secara teknis, dimana sesuai dengan SNI 7394-2008.
Dan analisa harga tersebut sebagai berikut :

Analisa Harga Satuan Pekerjaan Balok Ring

Gambar 46.1 Analisa Harga Satuan Ring Balk diambil dari SNI 7394-2008 Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Beton Halaman 14

Singkatan Istilah diambil dari SNI 7394-2008

Gambar 46.2 Singkatan Istilah diambil dari SNI 7394-2008 Tata Cara Perhitungan Harga Satuan Pekerjaan Beton Halaman 2

Dan cara perhitunganya adalah sebgai berikut :

Cara Menghitung Balok Ring atau Ring Balk

Keterangan Gambar 46.3 :
Baris uraian (a), Indeks (b), satuan (c) merupakan table dari SNI sedangkan (d) adalah harga satuan pekerjaan meliputi harga material dan upah tenaga. Harga material dan upah tenaga pada table ini (gambar 46.3) merupakan asumsi dari rumahdangriya. Anda harus mengantinya sesuai dengan harga yang ada disekitar anda. Harga material bisa didapat dari survei atau bisa memakai Daftar Harga Bahan Bangunan 2012

Sumber :
http://rumahdangriya.blogspot.com/2011/11/menghitung-balok-ring-atau-menghitung.html

Silahkan Baca Pelajaran Lainnya :

No comments:

Post a Comment

Mohon Untuk Tidak Menggunakan Link Pada Isi Komentar Anda. Terimakasih Atas Kunjungannya

Ingin selalu mengetahui Update Artikel Terbaru dari Konstruksi Bangunan? Silakan klik Tombol 'SUKA' dibawah ini ya .....

Copyright © 2013 Konstruksi Bangunan KBG 1. Diberdayakan oleh Blogger. Template by. S-rooms. RSS.